Home Artikel Seni Bersatu Padu Menjaga Sumber Air Cimahi

Bersatu Padu Menjaga Sumber Air Cimahi

458
0
SHARE
Ngalokat Cai/Kawin Cai Kota Cimahi

CIMAHI, (PR).- Prosesi adat “Ngalokat Cai” membuka pergelaran seni budaya yang menjadi rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Kota Cimahi tahun 2016 di Gedung Cimahi Convention Hall (CCH) Kota Cimahi Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi, Kamis 2 Juni 2016. Kegiatan itu memiliki makna masyarakat harus bersatu menjaga ketersediaan air di Kota Cimahi.

Prosesi diawali dengan ‘Ngarak Cai Cimahi’, dimana air dari sumber mata dari berbagai kelurahan dan kecamatan di kota Cimahi dimasukan ke dalam kendi. Dilanjutkan dengan prosesi ‘Kawin Cai’, air dari berbagai sumber ke dalam gentong besar sebagai simbol menyatukan tekad, ucap, dan lampah masyarakat Kota Cimahi. bersatu padu dalam ikatan satu wilayah kota dan satu tanah air sesuai motto Kota Cimahi, “Saluyu Ngawangun Jati Mandiri”.

Selain upacara Ngalokat Cai, dalam pergelaran seni budaya kali ini juga menampilkan Sendratari budaya Cimahi serta penampilan dari seni sunda yang lainnya. Budayawan Kota Cimahi sekaligus penggagas upacara, Hermana HMT menjelaskan, upacara ngalokat cai merupakan bentuk motivasi penyadaran terhadap masyarakat dan melambangkan persatuan dan kesatuan.

Hermata menyatakan, kata Cimahi sendiri berasal dari bahasa Sunda dan terdiri dari dua kata, yaitu cai (air) dan mahi (cukup). Jika meruntut pada nama, Cimahi semestinya tidak kekurangan air. “Berarti kita harus menjaga. Jangan mengandalkan pemerintah terus. Masyarakat harus menjaga air, menanam pohon, tidak buang sampah sembarangan,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Cimahi Atty Suharti mengatakan, upacara Ngalokat Cai menjadi momen untuk lebih menjaga ketersediaan air di Kota Cimahi. “Air yang ada kita jaga dan pelihara,” ujarnya.

Untuk itu, harus awali dari hal sederhana. Seperti tidak membuang sampah sembarangan dan senantiasa menjaga sungai dan membersihkan lingkungan. “Bagaimana masyarakat dan pemerintah bekerjasama untuk mencapai pembangunan dan menjaga ketersediaan air bagi Cimahi,” tuturnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here