Home Artikel Seni Cimahi Sepi dari Ingar-bingar Seni Budaya dan Pariwisata

Cimahi Sepi dari Ingar-bingar Seni Budaya dan Pariwisata

359
0
SHARE
Dialog Budaya Cimahi 2016 di Pendopo DPRD Kota Cimahi

CIMAHI, (PR).- Berbicara seni budaya dan pariwisata, Kota Cimahi terbilang punya cukup banyak potensi. Namun sampai saat ini potensi itu belum tergali sepenuhnya.

Kota yang hanya memiliki wilayah tiga kecamatan itu pun sepi dari ingar-bingar festival, pameran, perhelatan budaya lainnya, dan kujungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Hal itu diungkapkan Hermana HMT selaku pimpinan Institut Longser Cimahi (Bandoengmooi) dalam kegiatan Cimahi Open Dialog yang digelar di Pendopo DPRD Kota Cimahi Jalan Dra. Djulaeha Karmita Kota Cimahi, Minggu 3 April 2016.

Tema yang diambil yaitu “Optimalisasi Peran Eksekutif dan Legislatif dalam Pengembangan Budaya Daerah”. Dialog yang digelar terbuka menghadirkan jajaran Pemkot Cimahi, DPRD Kota Cimahi, dan pelaku seni di Kota Cimahi selaku pembicara.

Menurut Hermana, masyarakat dan pemerintah kota Cimahi telah mencoba memperkenalkan sebagain potensi yang dimilkinya, bahkan sampai ada ajang festival internasional. Namun beberapa di antaranya tidak berkesinambungan dan tidak melakukan promosi dengan baik.

“Misalnya pada kegiatan hari jadi Kota Cimahi yang setiap tahunnya diperingati dan senantiasa menggelar pertunjukan seni budaya serta pameran produk kreatif. Namun selalu sepi pengunjung. Jangankan keterlibatan orang luar, sebagian besar masyarakat Cimahi tidak tahu dikotanya ada peristiwa budaya. Bahkan yang dikhawatirkan bukan tidak tahu, namun masyarakat tidak peduli kerena merasa tidak dilibatkan atau menjadi bagian dari peristiwa itu,” ujarnya.

Dalam pengembangan seni budaya, lanjut Herman, syarat utamanya yaitu kemauan, optimalkan sumber dayanya, fungsi sarana/prasananya, sediakan finansialnya, pengelolaan yang baik, libatkan semua pemangku kepentingan/lapisan masyarakat, dan maksimalkan promosi dalam bentuk even atau di media massa.

Kepala Bappeda Kota Cimahi Tata Wikanta menyatakan, Pemkot Cimahi menyediakan anggaran sebesar Rp 1,3 miliar untuk bidang seni budaya dan pariwisata yang ditempatkan pada Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Pertanian Kota Cimahi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here