Home Artikel Seni Para Lurah di Cimahi Lakukan Upacara Adat Kawin Cai

Para Lurah di Cimahi Lakukan Upacara Adat Kawin Cai

372
0
SHARE
Kawin Cai Kota Cimahi

CIMAHI, FOKUSJabar.com : Sebagai simbol kebersamaan tiap daerah di Cimahi dalam menjaga lingkungan dan ketersediaan air bersih, para Lurah yang ada di Cimahi lengkap mengenakan baju serba putih secara bersamaan menuangkan air dalam kendi yang dibawanya ke dalam satu gentong.

Aksi para Lurah ini merupakan salah satu prosesi upacara adat ngalokat cai atau kawin cai.

Menurut Hermana, salah satu sesepuh yang ngokolakeun kebudayaan karuhun ini mengatakan, secara siloka, aksi menuangkan air ke dalam satu wadah ini sebagai simbol kebersamaan tiap daerah di Cimahi dalam menjaga lingkungan dan ketersediaan air bersih.

“Upacara adat kawin cai ini, intinya menyatukan tekad, ucap dan langkah untuk membangun Cimahi. Sebab pembangunan Cimahi perlu kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat,” kata Hermana, di Gedung Cimahi Convention Hall (CCH), Kamis (2/6/2016).

Selain itu, lanjutnya, upacara adat ini untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya pemeliharaan air bersih. Sebab saat ini di mana-mana banyak kekurangan air bersih. Dengan upacara adat ini, mudah-mudahan bisa mengingatkan, agar masyarakat mau menjaga air bersih.

“Artinya menjaga lingkungan dengan menjaga pohon dan membersihkan sungai-sungai,” terangnya.

Dia pun melanjutkan, untuk menjaga air bersih, masyarakat harus menjaga mata air. Terlebih, saat ini sumber mata air sudah makin berkurang seiring terus berkembangnya pembangunan di wilayah Cimahi.

Dia mencontohkan, seperti di daerah Babakan Loa, Kelurahan Pasirkaliki. Dulu banyak mata air, sekarang tinggal satu karena habis oleh perumahan.

“Saya berharap, masyarakat yang memiliki mata air di tanahnya, tidak menjual atau menutup mata air tersebut. Sebab mata air ini berguna untuk masyarakat banyak. Masyarakat juga jangan membuang sampah ke sungai karena sungai akan tercemar oleh sampah,” tuturnya.

(Gatot/Yun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here