Home Artikel Seni Bandoengmooi Gelar Longser Krtik Lingkungan Kota Cimahi

Bandoengmooi Gelar Longser Krtik Lingkungan Kota Cimahi

582
0
SHARE

Wartawan: Whisnu Pradana

KRITIK terhadap kondisi lingkungan hidup di Kota Cimahi akan disampaikan para seniman Cimahi dalam pertunjukan seni longser. Pertunjukan longser akan ditampilkan pada Sabtu (30/9/2017) di Pendopo DPRD Kota Cimahi, Jalan Djulaeha Karmita, berbarengan dengan Gelar Diskusi Seni Budaya para Seniman Kota Cimahi.

Ketua Bandoengmooi, Hermana yang menjadi pelakon dalam longser tersebut menjelaskan, pesan yang akan disampaikan dalam penampilan longser nanti merupakan kritik para seniman terhadap lingkungan hidup Kota Cimahi, seperti kondisi sungai yang semakin rusak dan kasus limbah di Cimahi Selatan.

Dijelaskannya, sebelum menggelar pertunjukan longser, ia serta seniman lainnya melakukan riset terlebih dahulu tentang kondisi lingkungan hidup di sekitar Leuwigajah, Cimahi Selatan.

“Ini menjadi gagasan kreatif kami untuk seni longser yanh akan kita tampilkan. Ini kritik kami terhadap lingkungan hidup, apalagi musim kemarau airnya memang sangat kurang, tidak bersih lagi, baunya sangat menyengat,” jelas Hermana.

Dikatakannya, sejumlah kegiatan seni sengaja diselenggarakan di Pendopo DPRD Kota Cimahi untuk menghidupkan kembali bahwa pendopo DPRD bukan tempat yang formal yang masih bisa dijamah secara bebas oleh masyarakat.

“Zaman dulu di Cimahi itu sangat terkenal dengan pertunjukkan keseniannya, kalau sekarang sudah sangat kurang, makanya harus dihidupkan kembali,” ujarnya. **Galamedia.com

Editor: Brilliant Awal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here