Home Artikel Seni Longser Bikin Warga Cimahi Terpingkal-pingkal

Longser Bikin Warga Cimahi Terpingkal-pingkal

446
0
SHARE
Longser Jurig Ateul-Car Free Night JL. Gandawijaya Cimahi 2013

CIMAHI, TRIBUN – Ratusan warga Cimahi yang tumplek di area panggung depan Toserba Buana Jalan Gandawijaya berhasil dibuat tertawa pada malam menyambut pergantian tahun, Selasa (31/12). Mereka tampak benar-benar terhibur dengan penampilan anak-anak muda Cimahi yang menyuguhkan sandiwara dengan balutan lawakan atau longser. Sejak awal pemainnya tampil, penonton sudah langsung dibuat tertawa.

“Hirup teh asa jadi nambahan rieut hulu. Ditambah deui jeung hutang anu acan lunas-lunas, eh si bapakna kalah nambah deui hutang. Majarkeun teh jang pilkades (Hirup itu terasa bertambah pusing kepala. Ditambah lagi dengan hutang yang tidak pernah lunas, eh si bapaknya malah menambah lagi hutang. Alasannya untuk pilkades),” tutur salah seorang pemain wanita muda yang mengawali penampilan longser.

Mendengar penuturan yang polos dan ditampilkan oleh gadis muda dengan kostum bergaya ibu-ibu warga pedesaan itu penonton pun langsung tertawa terbahak. Tak hanya itu, pemain-pemain lainnya pun dalam membawakan karakternya selalu dibarengi dengan gaya dan dialog yang menggelitik penonton untuk tertawa.

Suguhan longser yang ditampilkan oleh 45 orang itu merupakan kolaborasi dari komunitas seni teater tradisional Bandoengmooi, Campernik dan 13 Senja. Mereka membawakan longser berjudul Jurig Ateul Jeung Pilkades.

“Kami sengaja mengambil cerita Jurig Ateul Jeung Pilkades, selain untuk menghibur warga Cimahi dalam menyembut malam tahun baru, juga untuk merespon terhadap situasi saat ini yang mulai ramai dengan akan digelarnya Pemilu 2014, yang mana banyak calon anggota legislatif yang mulai mendekati warga,” kata Ketua Bandungmooi Hermana, saat ditemui seusai penampilannya.

Pergelaran itu, lanjut Hermana sengaja disuguhkan kepada masyarakat agar menjadi bahan pencerahan. Setidaknya masyarakat diharapkannya bisa lebih cerdas dalam memilih wakil-wakilnya di legislatif dan lebih cerdas dalam memilih presiden nanti. (ddh) doc.Selasa, 31 Desember 2013 21:44 WIB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here