Home Tentang Bandoengmooi Sejak 1996 Konsisten Merawat & Kembakan Seni Budaya

Sejak 1996 Konsisten Merawat & Kembakan Seni Budaya

446
0
SHARE
Hajat Cai

Bandoengmooi merupakan sebuah komunitas yang independen. Fokus pada pengembangan sumber daya manusia di bidang seni dan budaya. Siapa pun boleh masuk dan terlibat langsung di komunitas ini, wujud terpenting adalah dedikasinya terhadap pemajuan pendidikan, konservasi, revitalisasi, dan inovasi di bidang seni dan budaya.

Bandoengmooi berdiri atas prakarsa Aendra H. Medita (jurnalis/seniman), Dodi Rosadi (seniman) dan beberapa orang pegiat seni lainnya. Program pertama sekaligus pelucuran komunitas ini, nyakni diselenggarakan pameran lukisan karya Rosid (1996).

Ditengan panasnya suhu politik di Indonesia dan pembungkaman terhadap pers, tahun 1997 Bandoengmooi secara sembunyi-sembunyi gelar Diskusi Kebebasan Pers dengan mengundang pers mahasiswa se Indonesia.Tahun 1998 Bandoengmooi pertama kali gelar pertunjukan Teater Monolag Berjudul Terkapar Aktor/karya Hermana HMT dan Brehoh karya Aendra H. Medita.

Dari tahun 1998 sampan sekarang Bandoengmooi lebih dominan gelar pertunjukan, teater baik teater modern maupun teater tradisional (Longser). Walau pentolan-pentolan Bandoengmooi sudah pada sibuk dengan pekerjaanya masing-masing namun tetap menjalin komunikasi dan senantiasa dapar support dari mereka.

Kami mengambil nama itu dari nama majalah tompo dulu bernama Mooi Bandoeng. Supaya tidak persis sama, kami membalikan kata Bandoeng di depan dan kata mooi mengikutinya. Dalam bahasa Belanda mooi artinya indah dan Bandoengmooi  adalah Bandung yang indah.

Dibawah pembinaan Hermana HMT  dan Ketua Selamat Oki Pratomo, dengan anggota aktif sekitar 60 orang dari berbagai kalangan, kini Bandoengmooi kembangkan pelatihan teater tradisonal longser, teater modern, seni helaran Bangbarongan, melakukan pemulyaan terhadap air bersih melalui kegitan Upacara Adat Hajat Cai, dan gelar pertunjukan dengan konsisten mengusung tema pemeliharaan lingkungan hidup serta kritik sosial lewat bahasa seni.

 Komunitas ini adalah komunitas berbadan hukum dengan Akta Notaris No. 2 tanggal 26 November 2007, didirikan untuk waktu yang tidak ditentukan lamanya, dan dimulai sejak tanggal 26 September 1996 dengan maksud dan tujuan:

  • Turut membantu program pemerintah dalam melaksanakan pembangunan, khususnya dibidang pendidikan, konservasi, revitalisasi, dan inovasi seni dan budaya.
  • Turut mengembangkan sunbar daya manusia, agar terwujud manusia yang cerdas, trampil, cekatan, mandiri dan bertanggungjawab.
  • Sebagai media komunikasi dalam menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dalam wujud seni dan budaya.
  • Turut mewacanakan nilai-nilai budaya lokal ke tingkat global.

Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut, maka lembaga ini senantiasa akan melakukan berbagai usaha yang tidak bertentangan dengan hukum/undang-undang yang berlaku. Usaha ini meliputi:

  • Menyelenggarakan pendidikan/workshop/pelatihan di bidang seni budaya.
  • Membangun kesadaran masyarakat akan hak-hak dan kewajibanya sebagai individu dan mahluk sosial dengan pendekatan seni budaya.
  • Menyelenggarakan diskusi/seminar/saresehan berbagai masalah, media komunikasi, sosial lewat seni budaya di tingkat lokal maupun internasional.
  • Menyelenggarakan berbagai event pertunjukan berbagai bentuk seni budaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here