Home Berita Seni DKKC Gelar Pojok Seni dan Culinary Night

DKKC Gelar Pojok Seni dan Culinary Night

317
0
SHARE
Pojok Seni & Culinary Night Cimahi-DKKC (23/7/2022) di Jl. Pabrik Aci Cimahi

CIMAHI – Dewan Kebudayaan Kota Cimahi (DKKC) hidupkan Komlplek Ruko Cimahi Square, jalan Prabrik Aci Kota Cimahi dengan menggelar Pojok Seni dan Culinary Night. Kegiatan yang digawangi Komite Musik DKKC kerjasama dengan Kelurahan Cimahi, Kecamatan Cimahi Tengah, pelaku (UKM), dan Kadin Kota Cimahi ini dilaksanakan, Sabtu 23 Juli 2022 pukul 13.00-22.00 wib.

Ketua DKKC, Hermana HMT mengatakan, Pojok seni dan Culinary Night ini merupakan sebuah upaya pemajuan kebudayaan di Kota Cimahi khususnya di bidang seni dan olahan makanan yang potensinya cukup menjanjikan dalam pengembangan pariwisata Kota Cimahi yang selama ini belum digarap secara maksimal.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat Kota Cimahi juga dari luar bisa silaturahmi, berkunjung ke kawasan jalan Pabrik Aci dan Jalan Pecinan Kota Cimahi sambil menikmati pertunjukan seni dan menyantap makanan khas olahan pelaku UKM Kota Cimahi,” ujar Hermana dalam pembukaan Pojok Seni dan Culinary Night, Sabtu (23/7/2022) di halaman Imah Seni Kota Cimahi.

Menurutnya kegiatan ini siap digelar secara berkelanjutan, setidaknya dalam satu bulan satu kali ditempat yang sama Pojok Seni dan Culinary Night menjadi bagian penting dalam pemajuan budaya dan ekonomi kreatif Kota Cimahi yang imbasnya diharapkan dapat meningkatkan pendapatan bagi pelaku budaya dan masyarakat lainnya.

“Kuliner atau olahan makanan (pangan) adalah produk budaya dan termasuk dalam 10 objek Pemajuan Kebudayaan (OPK) Indonesia. Olahan makanan tradisional masyarakat kita bukan sekedar makanan biasa atau hanya sebagai pangan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh manusia, tapi sangat beririsan sekali dengan adat istiadat, ritus, pengetahuan dan teknologi tradisonal,” jelasnya.

Lanjut Hermana, melalui kegiatan serupa DKKC diharapkan bisa menyuguhkan olahan makanan tradisional, baik yang berkaitan dengan adat istiadat dan ritus,  olahan makanan tradisonal yang biasa masyarakat santap sehari-hari, juga olahan makanan kekinian yang bersumber dari pangan lokal.

Hermana HMT Ketua DKKC

Untuk itu DKKC tidak akan berjibaku sendiri, namun siap menjalin kerjasama dengan pemerintah Kota Cimahi memalui dinas-dinas terkait, forkopimda dan stekehorder lain seperti Kadin, kelompok UKM, dunia usah lainnya dan media.

“Kedepan Pojok Seni dan Culinary Night diarahkan lebih bertema dan punya kekhasan. Hal ini perlu dilakukan agar pengunjung tidak sekedar ingin menikmati seni dan makanan, tapi hadir karena yang kita suguhkan memiliki daya pikat dan keunikan tersendiri,” pungkas Hermana.** HUMAS DKKC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here